Mengenal Makna, Fungsi dan Macam-Macam Salam Pramuka - Lombapramuka.id

Salam yang dilakukan oleh anggota pramuka pada hakikatnya merupakan suatu perwujudan dari penghargaan seseorang kepada orang lain.

Salam Pramuka!

    Hallo kakak-kakak ? bagaimana kabarnya hari ini ? kami doakan semoga sehat selalu ya. Jangan lupa tetap jangan kesehatan dan jangan lupa harus tetap bahagia. Oke pada artikel kali ini akan dibahas mengenai makna, fungsi, dan macam-macam Salam Pramuka!

Makna Salam Pramuka

    Salam Pramuka yang dimaksud disini adalah suatu pemberian penghormatan yang dilakukan oleh seorang anggota pramuka terhadap anggota pramuka lainnya (sesama anggota pramuka) ketika sedang berada pada suatu kegiatan kepramukaan. Salam yang dilakukan oleh anggota pramuka pada hakikatnya merupakan suatu perwujudan dari penghargaan seseorang kepada orang lain yang sesuai dengan kepribadian dan jati diri warga negara indonesia sebagai anggota pramuka.

    Salam pramuka tidak dilakukan dan/atau tidak diberikan oleh seorang anggota pramuka kepada selain anggota pramuka, juga bukan dilakukan atau diberikan kepada sesama anggota pramuka ketika tidak berada pada suatu kegiatan kepramukaan.

Fungsi Salam Pramuka

Berikut adalah fungsi dari salam pramuka:

  1. Memupuk dan melahirkan jiwa anggota pramuka untuk berdisiplin, penuh perhatian terutama pada saat kegiatan-kegiatan utama, seperti sambutan, pidato, amanat pembina dan lain sebagainya.
  2. Tertib sebagai cerminan ikatan dalam jiwa yang kuat untuk saling menerima keberadaan sesama anggota.
Baca Juga :

Macam-Macam Salam Pramuka

Salam berupa gerakan penghormatan, yaitu dengan cara mengangkat tangan sebelah kanan dan merapatkan jari-jari, kemudian menempelkannya pada pelipis kepala sebelah kanan, dengan posisi siku tangan sejajar dengan bahu dan dimajukan sedikit sekitar 15 derajat, sambil mengucapkan "salam pramuka".

Dalam Teknisnya, salam pramuka dapat digolongkan menjadi 3 macam yaitu:

Salam Biasa

Salam Biasa adalah salam pramuka yang diberikan kepada sesama anggota gerakan pramuka tanpa melihat tingkatan ataupun golongannya

Salam Janji

Salam Janji yaitu salam pramuka yang dilakukan atau ditujukan ketika ada anggota gerakan pramuka yang sedang dilantik pada saat pengucapan janji yaitu Dwi Satya atau Tri Satya.

Salam Hormat

salam hormat yaitu salam yang diberikan kepada seseorang yang kedudukannya lebih tinggi daripada sipemberi hormat. Adapun salam hormat ini diberikan kepada:
  • Bendera Kebangsaan RI saat Upacara
  • Jenazah yang akan dimakamkan
  • Kepala Negara atau wakilnya, panglima tinggi, para duta besar, para menteri dan pejabat lainnya
  • Lagu Kebangsaan
Nah itu adalah sekilah mengenaik makna, fungsi, dan macam-macam salam pramuka. semoga artikel ini bisa menambah wawasan kakak-kakak semua. Salam Pramuka!