Mengenal Tingkatan dalam Gerakan Pramuka, Kamu Harus Tau

Gerakan Pramuka (Praja Muda Karana) memiliki 4 tingkatan, yaitu pramuka siaga, pramuka penggalang,, pramuka penegak dan pramuka pandega

Pada artikel ini lombapramuka.id akan memberikan informasi mengenai beberapa tingkatan yang ada di gerakan pramuka, jadi baca artikel ini hingga selesai.

Dalam organisasi PRAMUKA (Praja Muda Karana) terdapat setidaknya 4 tingkatan. Nah apa saja tingkatan dalam gerakan pramuka tersebut ?

Inilah 4 tingkatan yang ada di gerakan pramuka :

1. Pramuka Siaga

Pramuka Siaga

Tingkatan pertama dalam gerakan pramuka adalah tingkatan siaga. Tingkatan siaga ini adalah tingkatan paling junior dalam gerakan pramuka. Anggota tingkat siaga ini merupakan seorang anggota pramuka yang memiliki usia 7 sampai 10 tahun, biasanya adalah anak sekolah dasar kelas 1 sampai kelas 3. 

Ada pertanyaan menarik nih, kenapa disebut pramuka siaga ? karena hal tersebut sesuai dengan kiasan pada masa perjuangan ketika rakyat indonesia bersiaga untuk mencapai kemerdekaan. Tingkatan siaga ini memiliki dua kode kehormatan, yaitu dwi dharma dan dwi satya. 

Pramuka siaga memiliki satuan terkecil yang disebut dengan barung yang beranggotakan maksimal 10 orang dan dipimpin oleh seorang pimpinan barung. Adapun satuan terbesar dari pramuka siaga disebut perindukan. Perindukan ini merupakan kumpulan dari beberapa barung dan perindukan ini dipimpin oleh seorang pimpinan barung utama yang disebut dengan sulung.

Anggota pramuka siaga ini juga dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu siaga mula, siaga bantu dan siaga tata

mula bantu tata

2. Pramuka Penggalang

pramuka penggalang

Tingkatan selanjutnya setelah siaga adalah pramuka penggalang. Anggota dari tingkatan penggalang ini adalah seorang anggota pramuka yang memiliki rentang usia antara 10 sampai 15 tahun. Penggalang merupakan kiasan dari masa penggalangan perjuangan bangsa indonesia yaitu ketika peristiwa sumpah pemuda pada tahun 1928. Sama halnya seperti tingkatan siaga, tingkatan penggalang ini juga memiliki dua kode kehormatan yaitu Dasadharma dan Trisatya. 

Pramuka penggalang memiliki satuan terkecil yang disebut dengan regu, yang dipimpin oleh seorang pimpinan regu, pimpinan regu ini disebut pratama. Anggota pramuka penggalang ini juga dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu penggalang ramu, penggalang rakit, dan penggalang terap.

ramu rakit terap

3. Pramuka Penegak

Pramuka Penegak

Tingkatan selanjutnya setelah penggalang adalah pramuka penegak. Anggota dari tingkatan penegak ini adalah seorang anggota pramuka yang memiliki rentang usia antara 16 sampai 21 tahun. Penegak merupakan kiasan dari masa penegakan kemerdekaan indonesia. 

Tingkat pramuka penggalang ini mempunyai dua kode kehormatan, sama halnya dengan tingkatan penggalang yaitu trisatya dan dasadharma. Pramuka penegak mempunyai satuan terkecil yang disebut dengan sangga yang beranggotakan paling banyak 10 orang pramuka penegak dan dipimpin oleh seorang pemimpin sangga. Kumpulan dari beberapa sangga itu disebut ambalan, dan ambalan ini dipimpin oleh seorang pimpinan sangga utama yang disebut pradana. 

Nah perlu diketahui juga bahwa ada dua tingkatan dalam pramuka penegak, yaitu penegak bantara dan penegak laksana.

Bantara Laksana

4. Pramuka Pandega


Tingkatan selanjutnya setelah pramuka penegak adalah pramuka pandega. Anggota dari pramuka pandega adalah seorang anggota pramuka yang memiliki usia 21 – 25 tahun. Pramuka Pandega ini juga bisa disebut sebagai dewasa muda. Arti dari pandega sendiri adalah ahli atau pemuka, pandega inimerupakan kiasan pada masa memandegani pelaksanaan pembangunan indonesia yaitu setelah terjadinya masa menegakan kmerekaan republik Indonesia. Sama halnya dengan anggota pramuka dewasa lainnya, pramuka pandega memiliki dua kode kehormatan yaitu trisatya dan dasadharma.

 Kelompok terkecil dari pramuka pandega disebut dengan reka. Kumpulan dari beberapa reka disebbut dengan racana, nah racana ini biasanya beranggotakan 10 sampai 30 orang dan dipimpin oleh ketua racana yang disebut pradana.

Nah itu adalah tingkatan yang ada di gerakan pramuka. Semoga setelah membaca artikel ini kakak – kakak bisa lebih faham mengenai 4 tingkatan yang ada di gerakan pramuka.

Terimakasih!