Peran Pramuka terhadap Semangat Belajar Siswa di Masa Pandemi

Sungguh miris sekali melihat fenomena dunia pendidikan saat ini. Pertanyaannya, apa yang bisa kita lakukan selaku anggota pramuka ?


Sudah setahun lebih, pandemi belum juga usai. Pembelajaran tatap muka belum juga dimulai. Para pelajar sudah mulai bosan belajar di rumah. Pengetahuan mulai tumpul, perilaku pun berangsur-angsur mulai amburadul. Sungguh miris sekali melihat fenomena dunia pendidikan saat ini. Pertanyaannya, apa yang bisa kita lakukan selaku anggota pramuka ? adakah solusi untuk menangani masalah ini ?

    Di masa pandemi seperti saat ini, tentunya segala sesuatunya serba terbatas. Bukan hal yang mudah untuk mengadakan suatu kegiatan yang melibatkan banyak orang. Sebagai agen perubahan, tentu kita harus bisa mencari solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi. Saat ini, Indonesia sedang mengalami krisis intelektual. Tidak sedikit para pelajar yang kehilangan semangat untuk belajar. Lantas, apa yang mesti kita lakukan ? disini kami akan berbagi ide kepada teman-teman semua. Di sini kami mencoba menyajikan empat program yang bisa teman-teman pakai yang mungkin bisa menjadi solusi dari permasalahan yang terjadi. Empat program tersebut, diantaranya :

1. Program Rumah Baca

    Program rumah baca atau yang sering dikenal dengan lapak baca atau perpustakaan mini ini sudah sangat ramai di Indonesia. Program ini mungkin bukan sesuatu yang baru, apalagi bagi para penggiat literasi. Akan tetapi, kita juga sebagai anggota pramuka bisa mengadopsi program ini untuk diterapkan di masyarakat masing-masing. Program ini sangat cocok untuk digalakan selama pandemi ini, apalagi para pelajar saat ini sangat kehilangan sosok guru sebagai pembimbing mereka. Dengan adanya program tersebut, minimal para pelajar bisa mengembalikan kembali gairahnya untuk mencari ilmu. Najwa shihab pernah berkata bahwa satu buku saja yang kita baca dapat menumbuhkan kecintaan kita terhadap budaya membaca. Maka dari itu program ini tentu sangat berdampak sekali di masa pandemi seperti saat ini.

2. Program Belajar Bersama

    Seperti yang kita ketahui bahwa para pelajar saat ini sangat kehilangan sosok guru sebagai pembimbing dan pengajar. Dalam hal ini, tidak ada salahnya kita membantu adik-adik kita untuk bisa belajar bersama. Kita bantu apa yang kita bisa. Kita ajarkan apa yang bisa kita ajarkan. Hari ini, adik-adik kita benar-benar membutuhkan hal semacam itu. Sekarang mereka mulai jenuh belajar sendiri di rumah, mengerjakan tugas sendiri, materinya pun belum tentu bisa dipahami.

    Kita bisa memulai program ini di komplek rumahnya masing-masing, kita ajarkan materi-materi yang mungkin belum mereka pahami. Kita bantu mereka dari berbagai dimensi, yakni dimensi sikap, pengetahuan juga keterampilan.

Baca Juga :


3. Program Latihan Pramuka

    Program ini tentunya akan menjadi program paling menyenangkan. Pelajar akan kembali ceria dan memiliki gairah lagi untuk kembali meningkatkan kreativitasnya. Setahun lebih beerdiam diri di rumah mungkin akan terasa jenuh. Dan rasa jenuh itu akan sirna ketika ia mengikuti program pramuka yang tentunya sangat menyenagkan, santai, dan dapat memacu keterampilan.

    Di program ini, kita bisa mengajak adik-adik kita untuk belajar masak, tali temali, sandi, membuat jangkar dan lain-lain. Tentu hal ini sudah lama sekali tidak dirasakan oleh mereka selama berada di rumah.

4. Perlombaan-perlombaan

    Satu lagi yang tak kalah menarik, yaitu perlombaan-perlombaan. Pelajar biasanya sangat antusias dengan yang namanya perlombaan ataupun pertandingan. Kita bisa membuat perlombaan tersebut semenarik mungkin sehingga mampu memancing adik-adik kita untuk berpartisipasi. Satu hal yang perlu ditekankan disini adalah buatlah perlombaan yang bisa mengedukasi, melatih keterampilan, kecerdasan dan dapat membentuk moral anak. Mungkin akan banyak sekali perlombaan yang dapat kita terapkan.

    Nah, mungkin itulah program-program yang bisa kita lakukan selama pandemi ini untuk bisa meningkatkan kembali semangat belajar siswa selama pandemi. Satu hal yang mesti digaris bawahi dari keempat program tersebut adalah cobalah program-program tersebut mulai dari lingkup terkecil, misalnya di komplek rumah atau di kampung kita. Sehingga program-program tersebut dapat berjalan dengan lancar. Oh iya, jangan lupa juga untuk tetap menjaga protokol kesehatannya ya. Selamat mencoba.

Salam Pramuka!