Tips Buat Kamu yang Susah Fokus dan Konsentrasi - Pakai Metode Ini!

Tips untuk kamu yang susah konsentrasi dan susah fokus coba pakai metode mindfulness, coba gunakan mindful dalam setiap pekerjaan yang kamu kerjakan.

Pernah gak sih kamu merasa susah banget buat fokus mengerjakan sesuatu ? , baru mulai ngerjain tugas dikit eh malah kepikiran hal yang lain-lain, entah itu masalah sama temen, masalah sama pacar, masalah sama keluarga atau bahkan mikirin soal tugas yang lain. Terus kalau udah ada dalam keadaan seperti itu biasanya mungkin kamu jadi butuh waktu lebih untuk menyelesaikan pekerjaan, dan akhirnya malah sedikit banget waktu untuk ngelakuin hal-hal lain. Terus gimana ya cara mengatasinya ? terlebih hal-hal seperti ini tidak pernah diajarkan disekolah.

Nah buat kamu yang ngalamin keaadaan seperti ini, sebenernya ada satu hal yang bisa kamu lakukan, yaitu berlatih untuk mempraktekan mindfulness. Apa sih sebenernya mindfulness itu ?

Mindfulness itu adalah suatu kondisi dimana kamu benar-benar berada di saat ini dan menyadari apa yang kamu lakukan dan apa yang ada di depan kamu. Jadi mindfulness ini kondisi dimana kamu memikirkan apa yang terjadi saat ini dan apa yang terjadi sekarang. Dengan bersikap mindful, kamu bisa benar-benar sadar dan fokus sama tugas yang sedang kamu kerjakan tanpa gampang terdistraksi sama pikiran kamu yang kemana-mana.

Nah kalau gitu gimana caranya ya buat mulai mindful ?

1. Mindful Waking (bangun tidur)

Untuk melakukan mindful waking ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Pertama, setelah baru mulai bangun tidur, kamu bisa duduk dan tarik nafas dalam-dalam beberapa kali sambil memperhatikan sensasi dalam tubuh kamu ketika kamu tarik nafas. Setelah itu kamu di bertanya ke diri sendiri, apa sih yang akan kamu lakukan hari ini. Dengan begitu kamu bisa lebih menyadari hal-hal apa saja yang memang kamu niatkan untuk kamu kerjakan hari itu.

Baca Juga : Tips mengatasi Overthinking

2. Mindful Eating (makan)

mindful eating

Untuk melakukan minful eating, coba deh sebelum makan coba kamu perhatikan seberapa lapar diri kamu itu, lalu ketika makan kamu bisa coba untuk benar-benar fokus mengunyah dan fokus sama tekstur sama rasa dari makanan yang sedang kamu makan. Contohnya kamu sedang makan mie kuah nih, kamu bayangkan tekstur mie nya, terus misalnya ada telurnya, ada cabenya, ada sayurnya misal, terus kamu rasakan tekstur kuahnya, nah kaya gitu tuh kalau kalian lagi makan coba deh sambil perhatikan apa sih sensasi yang kamu rasakan saat itu.

Baca Juga : Cara mencintai diri sendiri (self-love)

3. Mindful Pause

Mindful pause adalah jeda yang sengaja kamu berikan sebelum kamu memulai melakukan suatu aktivitas. Disini kamu mulai dengan tarik nafas dan niatkan bahwa diri kamu untuk berusaha benar-benar mindful ketika melakukan aktivitas tersebut.

Nah itu beberapa contoh dari cara mempraktekan mindfulness yang bisa kamu lakukan, dan ini memang minimal banget ya karena kan setiap hari kamu pasti akan melakukan hal diatas seperti bangun tidur dan makan, terus langkah-langkahnya tuh kaya simpel ya, tapi ini sangat bisa membantu kamu untuk menjalani hidup kamu dengan lebih mindful supaya tidak terasa seperti terkejar-kejar gitu setiap harinya. Selamat mencoba dan jangan lupa share pengalaman kamu setelah mempraktekannya di kolom komentar ya!