Tips menjadi pemimpin yang baik - Hindari 7 kesalahan ini

7 kesalahan ini merupakan kesalahan yang sifatnya manusiawi tetapi jangan sampai kesalahan ini dibiarkan karena akan berdampak terhadap banyak hal

 


Hindari 7 Kesalahan Ini Jika Ingin Menjadi Pemimpin yang Baik


Sebagai seorang pemimpin tentunya harus menjadi pemimpin yang baik. Jika ingin menjadi pemimpin yang baik, maka hindari 7 kesalahan yang akan dijelaskan. 7 kesalahan ini merupakan kesalahan yang sifatnya manusiawi akan tetapi jangan sampai kesalahan ini dibiarkan karena akan berdampak terhadap banyak hal diantaranya adalah tim akan masa bodoh, tidak peduli, tidak kompak, jenuh, tidak suka pada leader bahkan malas untuk bekerja.

Oleh karena itu hindarilah 7 kesalahan berikut ini :

1. Leader lepas tangan

Sebagai seorang leader atau pemimpin tentu saja tidak boleh lepas tangan atau dengan kata lain leader meninggalkan teamnya. sebagai contoh leader meninggalkan teamnya dan menganggap seolah teamnya mengerti dan faham, tetapi ketika terjadi suatu masalah leader dengan santai bilang "saya kan sudah kasih tau" atau apalah semacamnya yang tentu saja akan membuat teamnya bisa saja meninggalkan leader.

2. Leader tidak memberikan feedback ketika teamnya berperilaku baik

tentunya sebagai seorang leader kita yang akan mengarahkan team. Jika akan mengarahkan team ke sesuatu yang baik, maka ketika team kita melakukan kebaikan kasih feedback ke mereka bisa berupa hadiah dan lain sebagainya, karena pada dasarnya orang membutuhkan kasih sayang dan perhatian. jangan sampai seperti kebanyakan leader yang hanya memberikan feedback ketika teamnya berperilaku buruk.

3. Leader tidak tahu potensi team

Sebagai seorang leader atau pemimpin kita harus mengetahui potensi yang ada di team kita dan jangan hanya melihat tampilan luar saja, jangan sampai kita mempertahankan team yang hanya memiliki tampilan bagus tapi sangat tidak memiliki potensi sama sekali.

Baca Juga :

  1. Tips membentuk team yang tangguh dan solid
  2. Cara membangun kepemimpinan yang kuat
  3. Jalan untuk mencapai tujuan organisasi 

4. Tidak mempunyai goal/tujuan jelas

Mempunyai tujuan yang sangat jelas merupakan faktor penting, jangan sampai tujuan pemimpin berbeda dengan tujuan teamnya. selain memiliki tujuan atau goal yang jelas, perlu hindari juga tujuan atau goal yang terlalu banyak sehingga akan mengaburkan fokus.

5. Leader tidak berubah

Tentunya sebagai seorang leader harus mendorong perubahan kearah yang lebih baik. untuk melakukan perubahan tersebut tentunya seorang leader harus merubah dirinya terlebih dahulu menuju arah lebih baik, jangan sampai team kita lebih cerdas dari leader karena kalau itu terjadi team akan merasa stuck dan tidak berkembang yang akan mengakibatkan team kita mencari lingkungan baru yang akan membuat dirinya lebih berkembang.

6. Memelihara keburukan team

keburukan yang ada pada team jangan sampai dipelihara oleh seorang leader. sebagai seorang leader harus bisa memisahkan team yang buruk atau bahkan isolasi team yang buruk dengan tujuan supaya tidak menularkan keburukannya pada team yang lain. 

7. Tidak memberi Contoh

leader tentunya menjadi bahan panutan atau sebagai contoh bagi team-nya. oleh karena itu sebagai leader kita sepatutnya harus memberikan contoh yang terbaik. sebagai contoh, leader ingin teamnya disiplin, maka leader harus memberikan contoh disiplin itu seperti apa

itulah 7 kesalahan yang harus dihindari oleh kita supaya menjadi seorang pemimpin yang baik.