Stres dan Penyebab Munculnya Stres - Lombapramuka.id

Menurut Sukadiyanto stres itu tidak terjadi secara alami atau secara tiba-tiba, jadi bisa kita simpulkan stres itu muncul pasti karena ada alasannya
Penyebab Stres

Hallo, bagaimana kabarnya hari ini ? semoga tetap dalam keadaan sehat dan selalu berada dalam lindungan-Nya. Artikel kali ini akan membahas mengenai penyebab munculnya stres.

Namun sebelum membahas lebih lanjut mengenai penyebab munculnya stres, alangkah lebih baik kita faham dulu apa stres itu sebenarnya. Nah McGrath berpendapat bahwa stres itu bisa muncul tatkala seseorang mengalami kegagalan dalam memenuhi kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.

Oke langsung ke pembahasan utama, jadi apa sebenarnya penyebab kamu mengalami stres ?

Menurut Sukadiyanto stres itu tidak terjadi secara alami atau secara tiba-tiba, jadi bisa kita simpulkan bahwa stres itu muncul pasti karena ada alasannya. 

Dibawah ini merupakan penyebab stres bisa muncul :

1. Cemas


Nah sobat, Kita sering mencemaskan hasil yang ingin dicapai secara berlebihan, padahal bisa jadi perasaan cemas yang berlebihan itu tidak terjadi. Terlebih jika ternyata kamu mempunyai sifat kecemasan dasar (traits anxiety), sederhananya traits anxiety ini adalah kecemasan yang dialami oleh seseorang itu sudah menjadi kepribadiannya. Jika kamu memiliki sifat traits anxiety bisa jadi kamu akan sering kali merasakan kecemasan yang berlebih dan bisa jadi hal ini adalah penyebab utama kamu menjadi stres.

Misalnya kamu akan interview kerja, "Gimana ya kalau gue gugup pas interview ? aduh kalau gue jawab dengan gugup bisa-bisa gue gak diterima kerja."

Jika perasaan cemas ini menjadi penyebab kamu stres maka kamu harus pintar dalam mengendalikan perasaan cemasmu itu.

Baca Juga : Tips mengatasi rasa cemas dan overthinking

2. Aktivitas Tidak Seimbang


Stres bisa jadi muncul akibat aktivitas yang tidak seimbang, contohnya nih kamu punya banyak sekali tugas sedangkan deadline tugas-tugas kamu itu berdekatan, nah karena itu kamu dituntut untuk bisa multitasking, sedangkan fisik dan pikiran kamu perlu untuk istirahat. 

Akibatnya performa kamu jadi kurang maksimal dan tugas yang dikerjakan pun berantakan tidak sesuai harapan. Pada akhirnya kamu mulai pusing gajelas, terlebih jika tiba-tiba datang masalah yang tidak kamu inginkan.

Hasilnya kamu tidak punya waktu untuk istirahat karena pikiranmu semakin tidak tenang. Jadi meskipun banyak tugas dan pekerjaan jangan lupakan untuk istirahat ya.

3. Tekanan dari diri sendiri


Jangan salah stres juga ternyata bisa timbul dari diri kita sendiri. Tapi mungkin stres ini biasanya dialami jika kamu termasuk orang yang perfeksionis. kamu ingin semua yang kamu kerjakan itu benar-benar sempurna. Tapi, akibat hal tersebut kamu menjadi seseorang yang tidak cepat puas. Hal tersebut bisa menjadi pemicu tekanan ke pikiran kamu sendiri.

4. Kondisi ketidakpastian


Sob kita tidak tahu sebenarnya kapan pandemi covid 19 bakal musnah dan berakhir. Akibat dari kondisi seperti ini mungkin beberapa dari kamu merasa khawatir dan cemas. Nah kondisi seperti covid 19 ini yang tidak ada kepastian kapan berakhirnya, bisa menjadi penyebab munculnya negatif thingking.

Contohnya kamu adalah seorang mahasiswa, bisa saja kamu mulai mencemaskan tentang tugas dan penelitian akhir kamu, nasib kamu di masa depan, tentang dunia kerja dan hasilnya kamu menjadi stres akibat kondisi dan perasaanmu itu.

Jadi jangan terlalu mencemaskan kondisi seperti in iya sob, lakukanlah semaksimal mungkin apa yang bisa kamu lakukan, jangan lupa  juga untuk tetap selalu berfikiran positif dan tetap semangat.

Nah sob itulah sebagian kemungkinan alasan timbulnya stres yang kamu rasakan. semoga artikel mengenai stres dan penyebab munculnya stres ini dapat bermanfaat

Terimakasih!