Inilah 3 Tanda Mental Kamu Lemah - Lombapramuka.id

Jangan sampai kamu punya mental yang lemah karena akan sulit untuk mendapatkan kesuksesan, kenali bahwa mental kamu masih lemah dan buatlah jadi kuat

Orang yang mempunyai mental yang lemah lebih kecil kemungkinannya orang tersebut untuk dapat mencapai kesuksesan dalam kehidupan mereka, karena mereka adalah orang-orang yang lemah, dan perlu kamu ketahui bahwa orang-orang yang memiliki mental lemah itu mempunyaa ciri-ciri tertentu.

Berikut adalah 3 tanda bahwa kamu memiliki mental yang lemah

1. Gampang Tersinggung

Gampang Tersinggung

 
Tanda pertama bahwa kamu memiliki mental yang lemah adalah gampang tersinggung. Mendengarkan orang-orang berbisik saja udah langsung ngerasa tersinggung, padahal bukan berarti pula mereka ngomongin tentang kamu, nah jika kamu dikit-dikit tersinggung, dikit-dikit marah, dikit-dikit ngambek itu artinya kamu mempunyai mental yang belum kuat alias masih lemah. Kamu masih sangat gampang terpengaruh oleh kata-kata serta omongan dari orang lain, padahal kamu juga tidak mungkin dapat mengatur dan mengendalikan apa yang orang lain katakan, kamu hanya dapat mengendalikan dan mengatur diri kamu sendiri.

Baca Juga : Cara mengatasi overthinking

2. Gampang terpengaruh


 
Tanda kedua bahwa kamu mempunyai mental yang lemah adalah plin-plan alias kamu tidak memiliki pendirian. Ingin melaksanakan sesuatu, tetapi karena mendengarkan omongan orang lain, akhirnya tidak jadi dan jadinya malah melaksanakan sesuatu yang lain. kamu harus ingat bahwa semua yang kamu laksanakan dan kamu kerjakan, siapa yang akan merasakan dampaknya nanti ? Kamu sendiri kan ya. Contohnya kamu sangat ingin dan memiliki cita-cita untuk menikah, tetapi setelah itu sahabat kamu ngomong "Jangan nikah muda mending nanti saja yang pentingkan bisa beli rumah dahulu." Lalu kamu berfikir bahwa ada benarnya juga ya omongan sahabatku, lalu kamu berfikir, kalau begitu mending aku kumpulin uang buat DP beli rumah. Pas lagi DP ingin membeli rumah, nyatanya sahabatmu yang lain ngomong "kamu itu masih muda, buat apa buang-buang duit buat langsung membeli rumah ? mending uangnya dipake hangout untuk menikmati masa libur selagi masih ada kesempatan" katanya. Lalu kamu bahwa ada benarnya juga ya omongan sahabatku, terus akhirnya kamu tidak jadi menikah, tidak jadi membeli rumah impian dan malah uangnya dipakai untuk liburan, menghabiskan uang dengan foya-foya. Lalu setelah itu kamu baru menyadari bahwa yang kamu lakukan itu salah dan akhirnya menyesal uangnya tidak ada, nikah tidak jadi, rumah tidak jadi dibeli, dan akhirnya kamu tidak mendapatkan apapun. Komentar dan omongan orang lain boleh kamu dengarkan untuk dapat dipikirkan serta kamu sendiri yang memilih dan memfilter, mana yang penting dan mana yang bagus buat kamu kedepannya. Jadi kamu harus memiliki pendirian yang kokoh.

Baca Juga : Tips menjadi pendengar yang baik

3. Tidak Ingin Mengakui Kesalahan 


Orang yang mempunyai mental kuat, jika ia melakukan suatu kesalahan ia akan menerima kesalahan tersebut dengan besar hati dan bertekad untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Sebaliknya orang-orang yang mempunyai mental lemah, Dia itu memiliki hati yang sangat kecil, sangat sempit, sehingga ketika ia baru melakukan kesalahan sedikit saja ia akan melakukan pembelaan gila-gilaan bukannya meminta maaf, bahkah lebih parahnya ia malah berbalik marah pada orang lain serta menyalakan orang yang ada di sekitarnya. 

Jika kamu sungguh-sungguh ingin sukses, kamu wajib memiliki mental yang kuat, terlebih jika kamu anak muda, karena jika mempunyai mental yang lemah, mental cengeng, ketika terjatuh sedikit saja langsung pecah, mana mungkin kamu dapat berhasil .Jadi selagi kamu mempunyai waktu dan selagi bisa, maka kamu harus memperbaikinya dan kamu harus menjadi orang yang mempunyai mental Kuat!