Daftar 5 Gunung yang sangat cocok untuk pendaki pemula

Gunung yang direkomendasikan bagi pendaki pemula karena jalurnya tidak begitu sulit dan memiliki pemandangan yang bagus dan cantik
Gunung untuk pemula


Akhir-akhir ini banyak yang kembali mendaki gunung, bagi kawan-kawan yang belum pernah mendaki gunung sebelumnya, lalu ingin mencoba perdana mendaki gunung, nah pada postingan ini saya akan berbagi informasi tentang gunung apa aja yang cocok untuk pendaki pemula. Sebenarnya saya itu kurang suka dengan kata pendaki pemula karena seorang sahabat pernah bilang sama saya kita semua itu pemula di gunung yang baru kita kunjungi, tapi asumsikan ini adalah gunung yang terbilang rintangan dan tantangannya tidak seberat gunung-gunung untuk orang yang sering mendaki. 

Gunung-gunung ini dipilih secara subjektif karena menurut saya selain jalurnya tidak begitu sulit tapi juga pemandangannya cukup cantik jadi bisa memanjakan mata kawan-kawan dan bisa menjadi spot untuk memotret 

1. Gunung Papandayan 


    Gunung papandayan ini terletak di Jawa Barat tepatnya di kabupaten Garut. Gunung papandayan termasuk gunung yang menyenangkan, banyak pemandangannya baik dari jalur naik maupun dari jalur turun. Ketinggian Gunung Papandayan ini sekitar 2665 mdpl, tapi kita enggak boleh ke puncaknya karena memang nggak boleh dilewatin. Harus diingat bahwa ada beberapa Spot di Papandayan yang masih termasuk daerah konservasi, jadi perhatikan juga jalurnya harus jalur resmi. Di Papandayan ini serunya kita bisa berkemah di Padang Savana edelwis, tantangannya bakal ketemu babi, babi di papandayan ini terkenal banget jadi hati-hati untuk kawan-kawan yang memasak di Papandayan sebisa mungkin bersihkan alat masak kalian dan kalaupun gak bisa dibersihin gantung di pohon biar nggak gampang diraih oleh sang babi, tapi mungkin sedikit polemik untuk Gunung ini adalah akses masuknya yang mahal di satu sisi memang pemeliharaan gunungnya jadi cantik banget, tapi di sisi lain enggak kaya kebanyakan gunung di Indonesia yang biaya retribusi nya masih terjangkau, tapi Papandayan menurut saya salah satu gunung yang wajib untuk kawan-kawan kunjungi, apalagi untuk kawan-kawan yang berada di daerah Jawa Barat.

2. Gunung Kerenceng 


Gunung ini masih terletak di Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Sumedang. Gunung Kerenceng itu punya ketinggian sekitar 1736 mdpl. Sebenarnya jalur pendakian gunung ini termasuk panas ya karena ketinggiannya cuma sekitar 1,7 mdpl, itu masih terbilang gerah, tapi serunya Gunung ini mempunyai jalur Setapak ketika mau nyampe puncak. Tapi di luar dari itu, menurut saya pemandangannya juga sangat keren di Gunung ini apalagi kalau sedang turun kabut, jadi sebisa mungkin nge camp dulu satu malam di jalur pendakian nanti subuh subuh baru naik ke atas puncaknya biar dapat kabut, ya kalau foto-foto kece lah, dan tidak seperti papandayan, Gunung ini tidak ada retribusinya cuma ada kawan-kawan pecinta alam yang memang menjaga gunung tersebut, jadi tolong jangan menyampah ya. Saya rasa efek dari pandemi adalah alam menjadi terjaga lagi ya, jangan sampai kedatangan kita malah kembali merusak alam.

3. Gunung Sindoro 

Gunung ini terletak di Jawa Tengah, Gunung ini berdekatan dengan Gunung Sumbing makanya biasanya disebut dengan Sindoro Sumbing, udah gitu ada selamet juga gunung kembang sama Dieng Plateau jadi kayak lingkaran gitu lah. Nah sindoro ini dari segi track menurut saya yang ini jauh lebih mudah dibandingkan trek sumbing, kalau Gunung Sumbing itu waduh sampai ke atasnya luar biasa sekali. Sindoro ini masih aman untuk kawan-kawan yang baru ingin melaksanakan pendakian dan di sana juga ada warung legendaris, udah gitu diatas warungnya ada pos sunrise. Sebenarnya sih menurut saya ya Puncak Sindoro dengan posnya ini lebih cantik posnya, apalagi kalau kawan-kawan bangun pagi dan lagi keadaan cerah itu sunrisenya bener-bener terlihat. Perlu kawan-kawan ketahui juga bahwa di post sunrise ini ada babi juga sama kayak Gunung Papandayan. Puncaknya termasuk keren, dari puncak Sindoro bisa terlihat Gunung Sumbing, sebenernya dari pos Sunrise juga udah terlihat Gunung Sumbing. Nah kalau kawan kawan nggak mau cape juga, sebenernya dari basecamp ke pos 1 itu ada ojeg. Meskipun Gunung Sindoro memiliki ketinggian sekitar 3150 mdpl, tapi jangan takut ya dengan ketinggian nya. Nah kebanyakan orang, apalagi ketika awal-awal itu suka dihantui dengan ketinggian Gunung padahal belum tentu yang ketinggian Gunung nya 3000 an mdpl ini sulit. Sebenarnya kan kita harus lihat juga trak awalnya dari berapa mdpl. Kalau kalian emang menuju ketinggian 3000 mdpl dan mulai berangkat dari 0 mdpl itu bener-bener cape, tapi kan sindoro juga kita mendaki dimulai dari sekitar 1000 mdpl atau 2000-an jadi Gunung ini wajib untuk kawan-kawan daki.

4. Danau Gunung Tujuh 


Danau gunung tujuh ini letaknya berdekatan dengan Gunung Kerinci di provinsi Jambi Sumatera. Nah sebenarnya Danau gunung tujuh ini bukan benar-benar gunung, tapi dia adalah danau yang katanya tertinggi se-asia tenggara, itu menurut yang saya baca sih tapi menurut kawan - kawan danau tertinggi di Asia tenggara itu Danau gunung tujuh, d\Danau Segara Anak di Rinjani atau ada yang lain ? terlepas dari itu semua Danau gunung tujuh ini juga menjadi site wajib untuk kawan-kawan yang baru ingin mendaki. Traknya cukup menantang dan perlu diketahui yang kita kejar dari Danau gunung tujuh bukan puncak pendakian nya, karena setelah puncak dari pendakian kita akan dibawa turun lagi turun sampai ke danau Gunung Tujuh ini dan serunya Danau ini dikelilingi oleh tujuh gunung jadi cantik banget. Menikmati sunrise di Danau Gunung Tujuh ini benar-benar pengalaman yang menyenangkan, kalau kawan-kawan dipulau jawa selalu bilang bahwa Ranu Kumbolo adalah danau di ketinggian yang paling cantik, tapi kalian harus melihat Danau gunung tujuh secantik apa, udah cantik ,masih sepi dan bersih lagi.

5. Kawah Ijen 


Kawah Ijen ini adalah satu dari dua blue fire alami di dunia. Jalur pendakiannya terbilang mudah, udah gitu juga udah banyak campur tangan manusia. Sudah dibikinin pagar, ada banyak tangga dan kalau kalian ke sana kalau mungkin udah rame lagi pariwisata Indonesia, pasti bakal ketemu banyak bule. Tapi hal tersebut nggak mengurangi esensi dari kecantikan Kawah Ijen ini sendiri apalagi waktu kita udah nyampe atas lalu harus turun kebawah langsung melihat blue firenya itu sendiri dan kalau kawan-kawan mendaki di kawah ijen saran saya kalian harus nyewa masker, karena disana kan gas beracun nya membaur di udara ya, takutnya ada apa-apa. Setelah kalian menikmati blue fire kalian harus ke atas lagi lalu pergi ke Puncak dari ijen dan akhirnya menikmati sunrise yang luar biasa sekali. Terus pemandangan kaldera atau kawahnya juga itu cantik banget, ketika matahari belum terbit yang terlihat adalah api biru ketika matahari sudah terbit kalderanya luar biasa sekali. Gunung Ijen ini terletak di Jawa Timur tepatnya di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dengan Kabupaten Bondowoso ketinggiannya sekitar 2386 mdpl tapi ya sekali lagi karena jalurnya udah banyak campur tangan manusia jadi nggak terlalu berat, yang berat adalah pernapasan jadi tolong dijaga banget.

Oke menurut saya itu adalah 5 gunung, sebenernya bukan gunung sih lebih tepatnya mungkin tempat yang bisa kawan-kawan daki untuk pertama kalinya, meskipun gunung tersebut terbilang tidak cukup berat tapi tolong tetap utamakan keselamatan, jangan menggantungkan diri pada kawan-kawan, kalian juga harus tahu apa yang harus kalian bawa, apa yang tidak perlu kalian bawa. Jangan remehkan gunung seringan apapun jalurnya karena di alam kita tidak akan pernah tahu apa yang terjadi.