Cara Mencintai Diri Sendiri - Untuk yang merasa susah untuk Self-Love

Pada postingan ini gue cuma sedikit ngasih tahu soal apa sih yang bisa kamu lakukan buat mulai mencintai dirimu sendiri - Self-Love
Self Love

Buat kalian yang klik postingan ini gue mau tanya deh, kenapa sih klik ? lagi ngerasa susah buat cinta sama diri sendiri ? atau ya mungkin nggak susah sih, tapi bingung aja mau mulai dari mana, harus ngapain sih biar bisa sayang sama diri sendiri ? 

Nah nggak papa di postingan ini gue cuma sedikit ngasih tahu soal apa sih yang bisa kamu lakukan buat mulai mencintai dirimu sendiri. Yaudah, kalo ngerasa butuh baca artikel pada postingan ini sampai habis .

Ada tiga hal yang mau gue bahas di postingan ini, tiga hal ini dicetuskan oleh seorang researcher namanya adalah Kristin Nef, dia adalah pakar soal gimana caranya kita bisa sayang sama diri sendiri meskipun saat kita lagi melakukan kesalahan. 

Pertama, yang bisa kita lakukan adalah kita bisa mulai dengan baik dulu ke diri sendiri. Nah udah baik belum sama diri sendiri ? baik di sini sebenarnya luas banget, tapi kita bisa mulai dengan ngasih respon yang baik ke diri sendiri pas kita lagi melakukan kesalahan. Kita enggak bisa selamanya mendapatkan apa yang kita mau dan wajar kok ketika kita tidak mendapatkan apa yang kita mau, kita jadi marah atau bahkan stress sama diri sendiri, ya apa gitu kejadian buruk di hidup lu, mungkin buat yang sekolah dapat nilai jelek atau mungkin buat kalian yang udah dewasa tiba-tiba punya masalah sama orang sekitar kalian gitu kan. Coba deh sebelum ngejudge dan marahin diri sendiri, coba deh mulai baik dikit aja dan coba bilang ke diri sendiri "nggak papa kok udah usaha juga, ya next time kita kerjain dengan lebih baik ya, kita lakukan dengan lebih baik ya", sesimpel gitu baik dulu sama diri sendiri.

Kedua, ini yang kita kadang-kadang sering lupa, manusia itu nggak sempurna. Semua manusia pasti pernah mengalami prustasi, marah atau sedih. Semua manusia pasti pernah salah dan pernah gagal, coba deh lihat orang-orang sekitar kamu, ada nggak orang yang hidupnya sempurna ?. Nah kalau kita bisa memaklumi ketika orang-orang lain itu tidak sempurna, kenapa sih susah buat memaklumi kalau diri ini memang nggak sempurna, apakah karena pernah ada yang menuntut bahwa kita harus selalu sempurna ?. 

Baca Juga : Cara Mengatasi Overthinking

Coba tanya lagi emangnya yang nuntut hidupnya sempurna ? nggak kan? Nah kalau gitu coba terima dulu manusia itu nggak ada yang sempurna dan kamu juga manusia kan ? jadi pastinya kamu juga nggak sempurna, sama kok kita semua nggak sempurna 

Ketiga, kita bisa coba ngebiasain diri buat melakukan yang namanya mindfulness, praktek mindfulness itu melibatkan diri kita buat nggak ngasih judgement ke apa yang kita pikirkan dan menerima seluruh hal yang kita alami dan kita rasakan. Bakal susah buat kita sayang sama diri kita kalau kita nggak mengakui keseluruhan hal soal diri kita, ingat yang kedua tadi, manusia itu enggak sempurna jadi kamu pasti ada kurangnya, semua orang ada kurangnya kalau kita cuma mau nerima lebihnya dari diri kita susah dong , karena kita jadi tidak menerima sepenuhnya diri kita ya kan? 

Nah itu tiga elemen buat mencintai diri yang bisa kita pelajari perlahan-lahan. Selamat Mencoba dan silahkan bagikan pengalaman kamu setelah mencobanya