Kwarran Sumbang dan Purwokerto Timur Berhasil Menjuarai Pesta Siaga Kwarcab Banyumas

Perwakilan Kwarran Purwokerto Timur dan perwakilan Kwarran Sumbang berhasil menjadi juara pada pesta siaga yang diselenggarakan oleh Kwarcab Banyumas.

 

lombapramuka.id

PURWOKERTO - Perwakilan Kwarran Purwokerto Timur yakni Barung Hijau Putra dari pangkalan SDN 4 Kranji dan perwakilan Kwarran Sumbang yakni Barung Putih dari SDN 1 Kebanggaan berhasil menjadi juara pada event pesta siaga yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (KWARCAB) Banyumas secara online/virtual.

Kedua perwakilan tersebut berhak untuk mewakili Kwarcab Banyumas untuk mengikuti persari di tingkat Kwarda Jawa Tengah.

Pesta Siaga yang diselenggarakan oleh Kwarcab Banyumas diikuti oleh 54 barung utusan dari 27 Kwarran yang ada di Kwarcab Banyumas. Pesta Siaga dibuka pada hari Kamis tepatnya pada tanggal 20 Mei 2021 dan ditutup pada hari Sabtu tanggal 22 Mei 2021.

"Kegiatan ini dibuka oleh ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Banyumas, Kak Achmad Supartono Kamis (20 Mei 2021) dan ditutup oleh Waka Binawasa Adi Suroso, Sabtu (22 Mei 2021)" Ujar Kak Wahyu Handoko.

Achmad Supartono yakni ketua Kwarcab Banyumas mengatakan, Pesta Siaga Tahun 2021 sebagai wahana pertemuan pramuka siaga.



Pesta Siaga ini juga dijadikan sarana untuk membina, membangun dan mengembangkan persaudaraan dan kekeluargaan antar sesama anggota pramuka siaga, mengembangkan sikap terbuka dengan saling bertukar pengalaman setiap anggota, pengetahuan, dan kecakapan, kata Kak Achmad Supartono.

"Selain itu juga memupuk rasa persatuan dan kesatuan, wawasan kebangsaan, serta kesadaran berbangsa dan bernegara dan membentuk pribadi yang tangguh, mandiri, disiplin dan siap meneruskan nilai-nilai kejuangan diri generasi sebelumnya, juga melatih ketahanan mental, jasmani dan rohani pramuka siaga di masa pandemi" Jelas Kak Achmad Supartono.

Sementara itu Kak Wahyu Handoko selaku Sekertaris Bina Muda mengatakan para peserta Pesta Siaga harus bermain di 8 pos taman bermain antara lain taman holahop, taman karya siaga, taman siaga pintar, taman cinta lingkungan, taman bumbung kemanusiaan, taman parade puisi, taman menyanyi, dan taman ketaqwaan.

Handoko mengharapkan kegiatan Pesta Siaga tahun 2021 dipergunakan sebagai sarana untuk mengasah keterampilan, kemampuan dan kerjasama dalam kepramukaan. Pada kegiatan tersebut sikap kejujuran menjadi prioritas untuk menanamkan nilai budi pekerti pada anak.

"Karena Virtual panitia menekankan kejujuran dan transparan dalam penilaian dan membuat anak tetap riang serta gembira," ungkap Kak Handoko.